ICMI Orwil Jawa Barat Dan Pemprov Jabar Dukung Pengembangan Budaya Islam, Sunda dan Pariwisata di Kampung Dukuh

Garut – Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orwil Jabar menyambangi Kampung Dukuh, Kabupaten Garut pada Jumat, 1 Oktober 2021. Kegiatan ini merupakan upaya ICMI Orwil Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Pengembangan Budaya Islam, Sunda dan Pariwisata di Jawa Barat.

Rombongan ICMI Orwil Jawa Barat disambut langsung oleh Ketua Adat Kampung Dukuh, yakni Mama Uluk (Mama Lukman) bersama pertunjukkan kesenian Terbang Sejak, yakni kesenian lantunan pujian kepada Allah Swt. yang diiringi rebana dan kendang kecil.

 

Dalam sesi pembukaan acara formal, Prof. Dr. H. Moh. Najib. M.Ag., sempat menyampaikan maksud dan tujuan rombongan ICMI Orwil Jabar mengunjungi Kampung Dukuh kepada para tokoh adat dan Mama Uluk .

“Maksud dan tujuan kami datang ke Kampung Dukuh karena kami ingin membantu kampung adat ini untuk memajukan potensi yang ada,” ucap Prof. Dr. H. Moh. Najib. M.Ag.

Selain itu, ICMI Jawa Barat ingin membangun tali silaturahmi bersama para toko Kampung Adat Dukuh dalam memajukan pengembangan budaya islam, sunda, dan pariwisata di Jawa Barat.

 

Setelah sesi pembukaan acara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi serta mendengarkan aspirasi dari berbagai pihak mengenai kemajuan pengembangan budaya di Kampung Dukuh.

Poin penting yang menjadi bahasan dalam diskusi antara lain; sumber daya, kultur dan adat, penguatan sejarah, keagamaan, pendidikan, dan peran wanita di kampung adat.

ICMI Orwil Jawa Barat berkomitmen dalam respons dan menyikapi setiap aspirasi dari berbagai pihak, khususnya dari pihak Kampung Adat sendiri.

Kegiatan kunjungan ICMI Orwil Jawa Barat yang didampingi ICMI Orda Kabupaten Garut diakhiri dengan penyerahan bantuan dan santunan kepada Dhuada di Kampung Adat Dukuh secara simbolis. (BR)