Focus Group Discussion (FGD) “Wacana Perubahan Ke-5 UUD NRI 1945”: Kerja Sama Apik ICMI Orwil Jawa Barat dan DPD RI

 

Sesi foto bersama peserta FGD dengan Ketua ICMI Orwil Jabar, Prof. Dr. H. Moh Najib, M.Ag. Sekjen ICMI Orwil Jabar, Dr. H. Ujang Saefullah, M.Si. Ketua Tim Kelompok DPD MPR RI, Drs. Tamsil Linrung. dan Narasumber, Prof. Dr. Asep Warlan Yusuf, SH., MH., serta Dr. Drs. H. Affan Sulaeman, MA.

Bandung - Acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Wacana Perubahan Ke-5 UUD NRI 1945” sukses terselenggara di Kantor ICMI Orwil Jawa Barat. Acara yang dilaksanakan pada Jumat, 24 September 2021 ini merupakan program lanjutan dari acara yang dilaksanakan tahun lalu dengan Pokja (Kelompok Kerja) yang berbeda.

Kegiatan dihadiri Ketua Tim Kelompok DPD MPR RI, Drs. Tamsil Linrung sekaligus memberikan sambutan dan membuka rangkaian acara. Perwakilan dari DPD RI, pengurus ICMI Orwil Jawa Barat, serta para akademisi dari berbagai perguruan tinggi juga turut berpartisipasi dalam menyukseskan acara tersebut.

Perhelatan ini menyajikan diskusi mengenai wacana amandemen UUD NRI 1945 yang dipimpin oleh moderator sekaligus Sekjen ICMI Orwil Jawa Barat, Dr. H. Ujang Saefullah, M.Si.

Acara ini pun dihadiri oleh tiga narasumber, yakni Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag. selaku Ketua ICMI Orwil Jabar, Dosen Universitas Parahyangan sekaligus Pengurus ICMI Orwil Jabar, Prof. Dr. Asep Warlan Yusuf, SH., MH. Dan Dosen Pascasarjana FISIP Unpad sekaligus Pengurus ICMI Orwil Jabar, Dr. Drs. H. Affan Sulaeman, MA.

ICMI Orwil Jawa Barat memandang acara Focus Group Discussion ini sangat baik dan menarik untuk diselenggarakan. Hal tersebut dikarenakan adanya kolaborasi yang diiringi dengan bahasan dari kajian-kajian keintelektualan. Dan tentunya mengapresiasi DPD RI yang menyempatkan untuk datang bertemu dengan ICMI Orwil Jabar sebagai perwakilan keintelektualan muslim di Jawa Barat.

Materi-materi yang disampaikan pada Focus Discussion tersebut disajikan langsung oleh narasumber yang mayoritas pengurus ICMI Orwil Jabar. Ada tujuh pokok bahasan yang didiskusikan dalam acara tersebut.

Namun terdapat perbedaan keinginan yang disampaikan oleh Sektretaris dan perwakilan DPD RI lainnya saat diskusi berlangsung. Arah diskusi sempat menukik dan menyinggung kinerja DPD RI itu sendiri. Sehingga hal yang sudah didiskusikan akhirnya menjadi masukan bagi DPD RI dari sebagian besar aspirasi peserta FGD.

ICMI Orwil Jabar akan mendukung penuh usaha DPD RI dalam menyalurkan aspirasi rakyat dan daerah khususnya Provinsi Jawa Barat. Mengingat Anggota DPD RI merupakan calon-calon yang terpilih secara langsung, tanpa mewakili suatu partai manapun. Karenanya DPD RI harus mengedepankan kepentingan umum.

Acara berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat, mengingat tamu undangan yang hadir sangat dibatasi. Hal ini merupakan buah dari kerja sama antara ICMI dengan DPD RI dalam upaya untuk mencegah terjadinya klaster baru Covid-19. (BR)