ICMI Orwil Jabar kerjasama dengan PT.LBSurundana Selenggarakan Seminar Sosialisasi Permodalan Tanpa Drag ( Dholim, Riba, Ghoror ).

Bandung,  Ikatan Cendekiawan Muslim se - Indonesia ( ICMI ) Orwil  Jabar   kerjasama dengan  LBSurundanaJakarta telah mengadakan Seminar Sosialisasi Permodalan Tanpa Drag ( Dholim, Riba, Ghoror ), dengan nara Sumber Dr.Ari Feriyanto.,M.A ( Praktisi dan Pakar Bisnis Syariah Muamalah ), bertempat di Gedung ICMI Jabar, Sabtu, 5 Juni 2021 .

Ketua ICMI Orwil Jawa Barat Prof Dr.H.Moh. Najib,M.Ag dalam sambutannya yang diawakili Dra. Hj.Euis Mully Muliati.,MM ( Wakil Bendahara ) antara lain mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Rombongan LBS urundana yang telah memilih ICMI Orwil Jawa Barat sebagai tempat diselenggarakannya seminar Sosialaisasi Permodalan Tanpa Drag,. Kegiatan dihadiri  Pengurus ICMI Jawa Barat Dr.Hj.Nurjanah.,M.Ag, Dr.H.Rajaminsyah,SH.,MM.Pd, Hj.Murniati, Drs.H.Marnawi,.MM, Andri Sutira,Amd.Kom,SE., ME, Pengurus lainnya serta para pengusaha antara lain dari Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang 

Degan dilaksanakannya  Seminar ini diharapkan dapat mencapai tujuan dan sesuai dengan Firman Allah pada surat Al Baqarah ayat 276 “ Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah,Dan allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat tobat”. Tegas Euis.

Selain itu Hj. Euis  mengatakan bahwa  diterangkan dalam Al Qur’an dan juga dalam banyak hadist, bahwa uang haram dan yang sejenis itu akan diperlihatkan oleh Allah kelak di akhirat. 

Firman- Nya “ Barang siapa berkhianat (korupsi), maka akan datang menghadap Allah membawa hasil korupsinya iti di hari kiamat” Qur’an Surat Ali Imran ayat 161). Kami atasnama lembaga dan atas nama pribadi mengucapkan selamat melaksanakan Seminar dan menghasilkan solusi yang terbaik, bagi ummat ,pungkas Euis. 

Sementara itu  Ir.Solachudin Al’af Ghoni selaku Komisaris PT LBS ) memaparkan tentang Lajnah Bisnis Sharia (LBS) Urun Dana adalah perusahaan yang dibentuk oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, MA untuk memfasilitasi Pendanaan kepada pelaku wirausaha (UMKM/UKM) berdasarkan Al Quran dan Al Hadits pemahaman para Sahabat, melalui metode layan urun efek (securities crowdfunding). LBS Urun Dana adalah anak perusahaan dari PT Lajnah Bisnis Syariah yang berdiri sejak 2018

Visi Menjadi Lembaga Keuangan yang menjalankan kegiatannya berdasarkan prinsip, etika, adab dan perilaku Islami sebagaimana diatur dalam Al Quran dan Sunnah menurut pemahaman Sahabat

Misi Menyediakan prasarana dan sarana untuk terwujudnya komunitas tersebut melalui metode Securities CrowdFunding (SCF) pada suatu platform online resmi yang diakui pemerintah.

Susunan Komite Investasi 

Ustadz Dr Erwandi Tarmizi, MA – Ketua Lulusan S3 University of Islam Al Imam Muhammad Ibnu Suud, Riyadh, Saudi Arabia jurusan Ushul Fiqih – 2011, S2 University of Islam Al Imam Muhammad Ibnu Suud, Riyadh, Saudi Arabia jurusn Ushul Fiqh – 2005. S1 LIPIA, Indonesia, jurusan Syairah. Pengarang Buku “Harta Haram Muamalat Kontemporer – Februari 2012. Pakar Fiqih Muamalah Kontemporer serta aktif berdakwah Fiqih Muamalah di Indonesia.

Anggota 1. Rezza Zulkasi, MAppFin 2. Murdani Aji, S.Kom 3. Bemby Oktora, ST 4. Insan Gumilar 5. Aflika Soehartomo

 

PT LBS Urun Dana adalah perusahaan yang didirikan untuk bergerak dibidang Layanan Urun Efek (Securities Crowdfunding) dengan mengacu kepada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia nomor 57/POJK.04/2020. PT LBS Urun Dana pada operasionalnya akan menawarkan layanan urun saham (Equity Crowdfunding) dan layanan urun hutang (Sukuk) . PT LBS URUN DANA saat ini sedang proses untuk mendapatkan ijin Penyelenggara SECURITIES CROWDFUNDING di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Profil UMKM untuk diberikan PENDANAAN

1. Bergerak dalam usaha yang HALAL 

2. USAHA sudah berjalan minimal satu tahun

3. Memiliki Laporan Keuangan sederhana (transaksi-transaksi keuangan tercatat) 

4. Untuk pendanaan Saham, USAHA nya dalam bentuk PT, atau bersedia untuk membentuk PT 

5. Untuk pendanaan Sukuk, memiliki Jaminan 

6. Bersedia melakukan USAHA sesuai dengan kaidah Syariah (Insyaa Allah, Pelatihan dan Pendampingan akan diberikan oleh LBS)

Dengan hadirnya PT LBS Urun dana, diharapkan diharapkan perekonomian umat islam dapat berjalan sesuai dengan kaidah Syariah, dengan mendapatkan keuntungan yang barokah, pungkas Ir.Solachudin Al’af Ghoni. ( ocid sutarsa ) .